Selamat Datang di Website
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor
Alamat: Jl. Siliwangi No. 121 Bogor
Kode Pos: 16142
Telp: 0251-8324111
Fax: 0251-8321575

Email:
pdam.pel@pdamkotabogor.go.id
 

Anda adalah pengunjung ke
3762935 sejak Januari 2014

Berita
Informasi Gangguan
Pengumuman
Agenda
Galeri
Artikel
Tempat Pembayaran
Webmail Login
-


Temukan di Google Play

Langganan Berita menggunakan RSS
INFO KILAT
  •  03/11  Pelanggan Yth, pembayaran rekening air minum mulai 1 November dapat dilakukan tanggal 1 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya.
  •  28/10  Pelanggan Yth, khususnya wilayah Perum De Botanical, untuk mengantisipasi tekanan rendah di jam-jam tertentu (pagi dan sore hari), kami sarankan untuk membuat toren air dan menampung air saat mengalir. Terima kasih.
  •  08/10  Pelanggan Yth, kami informasikan line Call Center nomor 0251-8324111 sudah dapat digunakan kembali
  •  31/12  Pelanggan Yth. Laporkan nomor handphone Anda untuk mendapatkan informasi terupdate tentang PDAM Kota Bogor dengan format : nomor pelanggan (misal: 1234-5678)_nmr HP. Kirim ke 08111100123. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, terhitung mulai tanggal 3 Oktober 2014 Pendaftaran Pemasangan Sambungan Baru Air Minum melalui DAFTAR TUNGGU. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, Mulai tanggal 31 Januari 2015 Daftar Pemasangan Baru Sambungan Air Minum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dapat dilakukan secara On-Line.
BERITA
PDAM-Dinkes Bersama Jaga Kualitas Air
2017-05-16 15:56:00 oleh: Humas PDAM [dibaca: 1686 kali]



BOGOR – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor melakukan pemeriksaan kualitas air minum di tingkat pelanggan sebagai bentuk pengawasan dan menjamin distribusi air bebas dari kuman penyakit.

"Pemeriksaan ini kegiatan rutin dilaksanakan dua kali setiap tahun, dimulai sejak 2011, sesuai amanat Permenkes Nomor 736 Tahun 2010 dengan kewajiban pemerintah untuk melaksanakan pemantauan kualitas air PDAM," kata Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Dinas Kesehatan Kota Bogor Farida, seperti dilansir Antara Senin (15/5/2017).

Farida menjelaskan, pemeriksaan dilakukan secara eksternal oleh tim dari Dinas Kesehatan yang mendatangi pelanggan PDAM tersebar pada 70 titik sasaran pemeriksaan dari enam zona pelanggan PDAM. Terdapat dua tim yang melakukan pemeriksaan dengan target pengambilan sampel empat hari selesai.

Pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sampel air dari pelanggan PDAM baik di dalam rumah maupun di luar rumah, yakni meteran di luar jalan. Tujuannya untuk mengetahui kualitas air mengandung kuman dan bakteri atau sudah memenuhi kualitas kesehatan. "Sampel kami ambil dari dalam rumah, dan juga di luar rumah. Tujuannya untuk memastikan air yang didistribusikan PDAM ke pelanggan benar-benar steril dari hulu sampai hilir," katanya lagi.

Biasanya lanjut Farida, ada faktor lingkungan yang mempengaruhi kualitas air sampai ke pelanggan PDAM sehingga menjadi kurang bagus, seperti adanya kebocoran pipa dan kebersihan lingkungan sekitar.

Sampel air yang diambil dikumpulkan untuk diuji di laboratorium guna mengetahui kualitasnya, dan memastikan apakah bersih dari kuman serta layak dikonsumsi masyarakat. "Dari hasil pemeriksaan ini kami memberikan rekomendasi kepada PDAM, dan hasil pemeriksaan direspons cepat oleh manajemen untuk melakukan pemeriksaan mandiri dan memperbaiki kualitas airnya," kata Farida pula.

Sementara itu Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana melalui Kepala Sub Bagian Laboratorium Asep Yoga mengatakan, pihaknya hanya sebatas menjadi pendamping dalam pemeriksaan rutin tersebut. “Petugas kita mendampingi petugas Dinkes memeriksa sample air 70 titik di enam zona layanan,” kata Asep.

Hasil sample, lanjut Asep, akan dicek secara fisika, kimia dan mikrobiologi di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bogor. “Hasilnya, 1-2 bulan lagi baru ketahuan. Laporannya lalu disampaikan ke Pak Wali (Walikota). Nanti mereka (Dinkes) juga yang merilis hasilnya, bukan oleh PDAM,” kata Asep.

Namun untuk pengecekan awal di lapangan, tambah Asep untuk parameter suhu, pH dan sisa klor hasilnya memenuhi Persyaratan Meter Kesehatan (Permenkes) 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

PDAM menyampaikan apreasiasi atas pemeriksaan yang dilakukan Dinkes Kota Bogor. “Kami merasa ada pengawasan. Sehingga kami bisa fokus bekerja melayani pelanggan,” tutup Asep. (humas dan sosial)

Berita:
Petugas Call Center PDAM harus Lebih Profesional
Yuk, Kenali Penyebab Gangguan Suplai Air
Hasil Survei IPB Memuaskan, PDAM: Kami Tingkatkan Kualitas Layanan
Video : Penghargaan Kementerian PUPR kepada PDAM Kota Bogor
PDAM Sukoharjo Ingin Sebesar Tirta Pakuan
Pasokan Pulih Selasa Siang
PDAM Peringati Sumpah Pemuda
Senin PDAM Perbaiki Pipa Transmisi Dekeng, ini Daerah Terganggu
PDAM Double Winner Futsal HUT Korpri ke-47
PDAM Dukung Senam Sehat Yayasan Jantung Indonesia

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90
KALENDER
Maret 2019
MinSenSelRabKamJumSab
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31 
Pengumuman
Pengumuman Gagal Lelang Pengadaan Gas Khlor 2019
PEMBERITAHUAN DAN FORM PUBLIKASI MEDIA
Pemerintah Kota Bogor
PERPAMSI
Departemen P.U.
Program Hibah Air Minum & Sanitasi
Copyright © 2009 - 2019
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor
HOME | PROFIL | LAYANAN | PELANGGAN | ORGANISASI
Berita | Pengumuman | Agenda | Galeri | Artikel | Tempat Pembayaran | Webmail Login | Admin